Generasi Muda Berperan Menjaga Keutuhan NKRI

Generasi Muda Berperan Menjaga Keutuhan NKRI

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H.TS. Arif Fadillah menghadiri Upacara Pelepasan Peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan di Fasarkhan Mentigi, Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Rabu (23/10).

Turut hadir pada kesempatan ini Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah,Perwakilan FKPD Provinsi Kepri, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri Doli Boniara dan Kepala Biro Pemerintahan dan Perbatasan Provinsi Kepri Haryono.

Setelah menghadiri upacara, Arif pada kesempatan ini berpesan kepada para peserta jelajah Kapal Kepahlawanan untuk  menggunakan kesempatan ini untuk belajar, memahami serta memaknai kembali perjuangan para pendahulu.

“Selama dalam kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan gunakan kesempatan untuk belajar hidup disiplin, menempa diri menjadi pribadi yang tangguh, menambah wawasan tentang perjuangan, saling menghormati, saling membantu,” pesan Arif.

Melalui kegiatan ini, Arif berharap semakin meningkatkan pemahaman generasi muda bahwa Indonesia adalah bangsa maritim yang kaya yang diperoleh dengan susah payah. Oleh karena itu, demi menghargai jasa pahlawan tersebut sudah saatnya generasi muda juga turut berperan menjaga kesatuan NKRI.

“Kegiatan ini adalah upaya mempertebal rasa nasionalisme para generasi muda yang mana merupakan ujung tombak dalam kemajuan bangsa dan mereka yg akan menjadi pemimpin masa depan. Saya berharap acara semacam ini terus dilaksanakan dan bisa menjangkau lebih banyak anak-anak muda,” harapnya.

Adapun Peringatan  Jelajah  Kapal  Kepahlawanan ini digelar  dalam  rangka memperingati  Hari  Pahlawan Tahun 2019.  Kegiatan  ini  bertujuan  untuk  mengenang dan  menghargai  jasa  Pahlawan  yang  telah  berjuang  sehingga tercapainya kemerdekaan Indonesia. Dalam mengimplementasikan nilai juang dan kepahlawanan ini dilaksanakan kegiatan jelajah kapal kepahlwanan ditujukan untuk Generasi Muda dari setiap elemen kepemudaan yang berada di masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung di atas KRI Banda Aceh sebanyak 500 peserta yang terdiri dari pelajar SMA, Mahasiswa, Peserta Olimpiade Pahlawan Tingkat Provinsi, Santri serta organisasi kepemudaan yang berlangsung dari tanggal 23 – 25 Oktober 2019.

Selama dalam pelayaran, peserta akan mendapatkan pembekalan dan materi tentang wawasan kebangsaan, menyimak kisah tiga orang pahlawanan yang telah menjadi pahlawan nasional yakni; Raja Ali Haji, Raja Haji Fisabilillah dan Sultan Mahmud Riyatsah. Nilai juang ketiga tokoh kepahlawanan ini dengan tidak lepas dari nilai-nilai ke-arifan lokal yang pada intinya merupakan nilai kesetiakawanan yang dibangun oleh para pejuang. (Hzh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.