Gubernur Dialog Interaktif Bersama Mahasiswa

Gubernur Dialog Interaktif Bersama Mahasiswa

Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun yakin bahwa anak muda di Kepri mampu bersaing, memiliki integritas dimasing-masing bidangnya dan mampu menunjukan kemampuan tersebut sebagai bekal berharga dalam membangun Kepulauan Riau.

Hal tersebut disampaikan Nurdin saat melakukan dialog Interaktif Gubernur Kepulauan Riau bersama Aliansi Mahasiswa Kepri di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (8/2).

“Syaratnya adalah kemauan dari diri sendiri, percaya diri dibutuhkan semua orang akan yakin dengan kemampuan yang dimiliki untuk bermanfaat dalam membangun Kepri,” kata Nurdin.

Nurdin juga berharap dialog interaktif seperti ini dapat terus dilakukan kedepan. Hal ini sebagai bentuk dari terjalinnya komunikasi dari pemerintah dengan masyarakat.

“Karena mahasiswa juga merupakan perpanjangan tangan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya dan dijadikan masukan berharga bagi pembangunan di Kepri,” lanjut Nurdin.

Sebelum berdialog terbuka, Nurdin terlebih dahulu menjelaskan sejumlah capaian selama 2 tahun pemerintahannya di Kepri dan target kedepan. Ia optimis dan terus berusaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang diiringi dengan kesejahteraan masyarakat secara merata serta melengkapi identitas Kepri yang merupakan daerah Kepulauan dengan sejumlah infrastruktur yang terus ditingkatkan.

Nurdin juga menyanjung Kepala-kepala OPD yang sudah bekerja keras dalam mencapai target kinerjanya, Nurdin ingin OPD memiliki target kinerja yang terfokus.

“Untuk itu kami setiap minggunya melakukan rapat evaluasi untuk melihat sudah sejauh mana capaian target kerja yang dilakukan oleh OPD,” jelas Nurdin.

Menggapai target pembangunan dilanjutkan Nurdin perlu sumbangsih semua elemen termasuk Kabupaten dan kota, Nurdin berharap kebersamaan yang terjalin di Kepri dapat menjadi kunci sukses pembangunan.

“Diiringi pula dengan terobosan-terobosan baru dari Kabupaten dan Kota, kami yakin semua mampu menunjukan kemampuannya dalam membangun Kepri,” tambahnya lagi.

Senada dengan Gubernur, Sekdaprov Kepri H. TS. Arif Fadillah mengatakan bahwa dialog yang dilakukan pada malam ini merupakan bekal berharga bagi pemerintah yang didapat dari elemen mahasiswa dalam menyalurkan aspirasinya terkait pembangunan di Kepri.

“Ini sebagai bentuk sinergitas dan kebersamaan kita dalam membangun Kepri, dialog ini menjadi masukan-masukan yang bagi kami untuk dapat lebih meningkatkan kinerja pemerintah daerah,” ujar Arif.

Dialog dengan tema “Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Gubernur Kepulauan Riau” tersebut banyak berisikan tanya jawab dengan dipandu moderator Eki Darmawan yang merupakan dosen tetap di Kampus Umrah.

Sesi dialog dimulai dengan 2 orang penanya terkait pendidikan yakni Beni dengan pertanyaan terkait bagaimana pemerataan pendidikan hingga kepelosok pulau dari 20% dana APBD untuk itu dan bagaimana kesejahteraan guru honor.
Kemudian dari perwakilan himpunan mahasiswa Anambas di Tanjungpinang yang bertanya bagaimana solusi terkait kurangnya guru di pelosok pulau.

Gubernur menjawab bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor pengubah nasib suatu bangsa untuk itu peningkatan dibidang tersebut harus terus dilakukan sebagai upaya membangun bangsa yang cerdas.

“Terkait pemerataan guru akan terus kita upayakan hingga kepulau-pulau serta penyerapan anggaran juga akan dilihat dan pelajari apa-apa saja yang dibutuhkan, kemudian untuk kesejahteraan para tenaga pendidik nanti kita akan buat inovasi baru seperti tunjangsn khusus untuk guru yang bertugas di pulau-pulau terluar, ini akan segera kita tindak lanjuti,” jawab Nurdin.

Selanjutnya 2 orang lagi diberi kesempatan bertanya terkait pembangunan infrastrukur, yang pertama Safrizal menanyakan terkait pembangunan infrastruktur yang terkesan tidak merata di seluruh daerah lalu penanya selanjutnya Raja Ikbar yang betanya kondisi kelautan yang potensinya belum maksimal dimanfaatkan.

Nurdin merespon bahwa salah satu upaya yang dilakukan dalam peningkatan potensi kelautan didaerah adalah digesanya pengesahan UU Tentang Daerah Kepulauan. Kemudian terkait pemerataan pembangunan Nurdin bersama OPD terkait terus bersinergi dengan Kabupaten dan Kota dalam mempelajari lokasi mana saja yang perlu untuk diprioritaskan pembangunan infrastrukturnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, Asisten II Bidang Perekonomian Syamsul Bahrum, Sejumlah Kepala OPD, Ketua Aliansi Mahasiswa Kepri Helianto beserta 170 orang mahasiswa-mahasiswi dari sejumlah perwakilan universitas dan sekolah tinggi di Kepri.(Aldo/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.