Gubernur Ingin Wisata Religi Tersebar di Seluruh Kepri

Gubernur Ingin Wisata Religi Tersebar di Seluruh Kepri

Gubernur H. Nurdin Basirun ingin wisata religinya ada dintiap wilayah di Kepri. Konsep pembangunan ini memang menjadi visinya dan secara perlahan-lahan diwujudkan.

“Kita ingin nanti setiap Kabupaten dan Kota memiliki wisata religinya, untuk di Karimun salah satunya kita pusatkan di Masjid Baiturrahman,” ujar Nurdin saat meninjau Masjid Baiturrahman dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Karimun, Sabtu (13/1).

Selain itu, di Tanjungpinang, tepatnya kawasan Dompak, sedang digesa pembangunannya. Kawasan ini semakin menarik karena mulai tertata. Penataan juga dilakukan di sekitar Masjid Nur Illahi. Konsep wisata religi masuk dalam ide pembangunan di kawasan ini.

Pemilihan Masjid Baiturrahman, dikarenakan lokasinya yang strategis. Masjid ini berada di atas perbukitan dan berhadapan langsung dengan laut serta kawasan Coastal Area.

“Diharapkan menjadi lokasi yang dikunjungi banyak masyarakat dan banyak kegiatan bermanfaat yang dapat dikerjakan di sini. Dengan adanya wisata religi juga diharapkan dapat memupuk sumber daya manusia di Kepri yang agamis dan berakhlak mulia,” lanjut Nurdin.

Adapun dalam arahannya Gubernur ingin ornamen-ornamen bernuansa agama di sekitaran dinding diperbanyak. Spesifikasi dari perluasan masjid sendiri nantinya akan memiliki tujuh kubah, lima payung serta tujuh menara.

Ekonomi kerakyatan juga menjadi perhatian Gubernur, bagaimana mengelola masjid bisa menjadi berbagai tempat bermanfaat salah satunya memiliki kios yang menjual berbagai atribut keagamaan.

Selain itu pada proyek perluasan masjid yang dibangun di tanah seluas 1 hektare tersebut akan
memiliki perpustakaan, rumah Quran dan rumah Hadist. Area taman juga diperluas dan akan diletakkan videotron.

“Jadi masyarakat bisa bersantai di area masjid sembari menunggu waktu shalat, target kita bulan Puasa tahun ini sudah selesai dan digunakan masyarakat,” kata Nurdin.(Aldo/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.