Hasilkan Qori Qoriah Berkualitas

Hasilkan Qori Qoriah Berkualitas

Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto menginginkan pelaksanaan MTQ Provinsi Kepri yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 dapat berjalan dengan baik dan sukses serta menghasilkan output berupa qori dan qoriah yang berkualitas.

“Bagi rekan semua, Kepala OPD yang sudah masuk dalam kepanitiaan agar dapat memberikan pemikiran dan kerja maksimal sehingga MTQ ini bisa berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” ujar Isdianto saat memberikan pengarahan pada Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ ke VIII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (19/11).

Tolak ukur keberhasilan pelaksanaan MTQ menurut Isdianto ada 2 yaitu kesiapan dan tampilan astaka yang indah serta kesiapan qori dan qoriah yang akan mengikuti MTQ ini. Dua hal ini adalah yang utama, jika ini dipersiapkan dengan baik maka baik pula penilaian pelaksanaan MTQ tersebut.

“Masyarakat sekarang kalau datang pada pelaksanaan MTQ yang dilihat dan dinilainya yang pertama adalah astakanya. Maka dari itu buatlah astaka yang bagus dan indah serta lebih indah dari astaka pelaksanaan MTQ sebelumnya. Selain itu Qori dan Qoriah harus benar-benar kita persiapkan karena akan kita ikutkan pada ajang Nasional nanti di Sumatera Barat,” Jelasnya.

Untuk sukses pelaksanaan MTQ, Isdianto juga menyadari bahwa dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Walaupun dana sekarang yang tersedia saat ini tidak dapat memenuhi secara maksimal kebutuhan dalam penyelengaraan kegiatan MTQ,  Isdianto tetap berharap semua yang terlibat tetap memberikan kerja yang terbaik.

“Berapapun anggaran yang kita dapatkan harus di syukuri. Tetap berikan kontribusi terbaik untuk Kepri walau dengan keterbatasan dana. Anggaran untuk kegiatan kalau diusulkan 10 dan dapatnya 10 siapa saja juga bisa kerjakan. Namun jika diusulkan 10 dan dapatnya hanya 5, namun bisa dikerjakan dan kegiatan berjalan sukses, maka ini baru luar biasa namanya,” Urai Isidoanto.

Pada akhir pengarahannya Isdianto kembali mengingatkan kisah manis yang ditorehkan pada pelaksanaan MTQ Nasional tahaln 2014 di Batam, dimana Provinsi Kepulauan Riau keluar sebagai Juara Umum. Isdianto berharap tradisi seperti terus dipertahankan.

“2014 kita pernah menorehkan prestasi dengan juara umum MTQ Nasional. Kalau bisa kita pertahankan terus prestasi ini. Kalau pun tidak bisa janganlah terlalu jauh dari Juara Umum karena saya yakin, kita punya qori dan qoriah terbaik saat ini. Kita semuanya tentunya berharap cita-cita Gubernur kita terdahulu Bapak Nurdin Basirun agar Kepri hadir menjadi Provinsi menjadi pencetak Qori dan Qoriah terbaik di Indonesia dapat terwujud,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H.TS. Arif Fadillah dalam pemaparannya menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ Provinsi Kepulauan Riau dilaksanakan di Tanjungpinang adalah berdasarkan hasil Musda LPTQ 2 tahun lalu yang diselenggarakan di Kabupaten Lingga.

“Hasil Musda kemarin disepakati bahwa MTQ kali ini akan menjadi tanggungjawab Provinsi Kepri. Karena dilaksanakan di Tanjungpinang maka tentunya kita berharap Pemko Tanjungpinang juga bisa terlibat untuk ikut mensukseskan kegiatan ini,” harap Arif.

Untuk pelaksanaan MTQ, Arif mengatakan bahwa kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun depan dengan tempat atau lokasi pelaksanaan masih diagendakan di dua tempat yakni lokasi Gurindam 12 atau Gedung Daerah.

“Untuk MTQ kita rencanakan dilaksanakan pada bulan Maret sehingga lebih banyak persiapan menuju pelaksanaan MTQ Nasional di Padang, Sumatera Barat. Sedangkan lokasi, kita berharap semoga dapat dilaksanakan di Gurindam 12,” harapnya.

Dalam pada itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri Abu bakar dalam laporannya mengatakan bahwa lokasi Gurindam 12 telah siap digunakan untuk pelaksanaan MTQ Provinsi Kepri Tahun 2020.

“Kami telah lakukan persiapan lokasi dari 2 bulan yamg lalu. Sehingga pada tahun depan kita pastikan siap untuk lokasi pelaksanaan MTQ. Adapun luas lahan G12 ini 1.8 hektar dan diperkitan dapat menampung 5 sampai 8 ribu orang. Untuk astaka selanjutnya akan dibangun oleh Perkim karena kami hanya menyediakan lahnnya,” lapor Abu Bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.