Jaga Persatuan, Jauhkan dari Paham Radikalisme

Jaga Persatuan, Jauhkan dari Paham Radikalisme

Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan pencegahan perilaku terorisme merupakan tugas semua pihak untuk dapat meredam dan menghapuskannya. Apalagi di tengah modernisasi dan dinamika lingkungan yang kompleks diperlukan pemahaman yang tepat untuk menjauhkan diri dari perilaku menyimpang tersebut.

“Peran pemangku jabatan di ranah Desa dan Kelurahan sangat penting karna posisinya yang merupakan ujung tombak pembangunan yang bersentuhan langsung dan paling dekat dengan masyarakat,” ujar Nurdin saat membuka pelatihan tentang penguatan Aparatur Kelurahan dan Desa dalam Pencegaha Terorisme Melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kepri di Hotel Bandra Resort, Kawal, Kabupaten Bintan, Rabu (24/10).

Apalagi generasi muda, yang harus terus dijaga mental dan spiritual serta pemahaman yang dikatakan Nurdin sangat penting. Karena di tangan para pemuda lah keberlanjutan bangsa dengan segala aktifitasnya berjalan maka paham radikalisme harus dijauhkan dari mereka.

“Suksesnya pembangunan bangsa di masa depan berada dipundak para pemuda, harus kita tanamkan pemahaman yang benar dan jauhkan dari radikalisme dan tindak tanduk kejahatan lainnya,” tambah Nurdin.

Nurdin mengaku senang, keberagaman di Kepri yang tertanam harmonis merupakan salah satu bekal yang sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di daerah.

“Kepri sudah punya bekal, namun kita jangan sampai lengah. Terus jaga keharmonisan ini dengan bekal yang banyak agar tidak mudah tergerus paham-paham yang negatif,” tutup Nurdin.

Sementara itu, Ketua FPKT Provinsi Kepri Hj Reni Yusneli mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan sendiri merupakan bentuk kerja sama antara BNPT bersama FKPT, untuk Kepri sendiri selain di Bintan juga telah dilaksanakan di Karimun dan Batam, menyusul untuk Natuna pada Akhir tahun ini.

Forum sendiri sebagai bentuk upaya jajaran terkait bersama Pemerintah untuk mengokohkan pemahaman bagi para aparatur terdepan yakni di wilayah desa/kelurahan untuk berperan aktif dalam menjaga keutuhan daerah juga masyarakat dalam upaya mencegah terorisme serta paham radikal.

“Semoga forum ini dapat berjalan dengan baik, kepada para peserta diharapkan dapat menyerap ilmu yang didapat dan segala pertanyaan dapat disalurkan disini,” kata Reni.

Kemudian, Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNPT Letkol Laut Setyo Pranowo mengatakan pihaknya berterimakasih atas digelarnya forum yang sangat penting dan berguna dalam meningkatkan kewaspadaan dalam upaya menjaga keamanan dan keutuhan daerah dalam lingkup NKRI.

Forum sendiri bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan semua pihak dari potensi terorisme ditengah masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” kata Setyo. (Ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.