Manfaatkan Laut untuk Peningkatan Kesejahteraan

Manfaatkan Laut untuk Peningkatan Kesejahteraan
* Jadikan Penyengat Daerah Tujuan Wisata yang Mendunia
Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan bahwa potensi luar biasa di bidang kelautan yang dimiliki Kepri harus sejalan dengan meningkatnya peran para nelayan dalam mengembangkannya. Untuk itu dukungan penuh Pemerintah harus terus dilakukan demi meningkatkan semangat para nelayan dalam menjalankan rutinitas kesehariannya.
“Kesejahteraan dan penghasilan nelayan menjadi prioritas Pemerintah dalam mengembangkan potensi kelautan yang ada di Kepri ini,” ujar Nurdin saat menyerahkan bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan di Pelabuhan Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Jumat (14/12).
Untuk itu kepada para nelayan, Nurdin berharap agar dapat menjaga dan memanfaatkan dengan maksimal bantuan yang diberikan ini, karna manfaat bukan hanya didapat nelayan namun hasil tangkapan juga menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat.
“Karna sektor kelautan kita juga memiliki sumbangsih penuh terhadap pendapatan daerah serta tentunya untuk kebutuhan pokok masyarakat Kepri,” lanjut Nurdin.
Adapun bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan tersebut antara lain: Bantuan alat tangkap berupa Kawat Bubu sebanyak 40 Gulung untuk 40 RTP, Bubu Ketam sebanyak 1800 Piece untuk 90 RTP, jaring Udang sebanyak 200 Piece untuk 40 RTP. Kemudian untuk Bantuan armada penangkapan untuk nelayan yakni Sampan Fiber + Sampan Ketinting sebanyak 25 unit dan tambahan bantuan dari Dinas Perhubungan berupa Sampan Fiber sebanyak 10 Unit.
Kunjungan Nurdin di Pulau Penyengat sendiri dimulai dengan melaksanakan safari subuh di Masjid Raya Sultan Penyengat. Dalam tausiyah Nurdin mengajak semua jamaah untuk selalu berfikir positif terhadap sesama.
“Selalulah berprasangka baik kepada sesama, hal itu tentu akan semakin meningkatkan ukuwah,” pesan Nurdin.
Sebelum menyerahkan sejumlah bantuan penangkapan ikan, Nurdin juga melakukan peninjauan kesejumlah titik-titik lokasi wisata disana seperti rumah tahfiz, taman rakyat dan bangunan bersejarah di balai adat.
Menurut Nurdin, Pulau Penyengat memiliki potensi yang besar dalam ikut berkontribusi bagi Pembangunan di Kepri terutama di sektor wisata religi.
“Untuk itu kita terus berusaha meningkatkan sarana dan prasarana di Pulau Penyengat agar intensitasnya sebagai wisata religi semakin dikenal,” kata Nurdin.
Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kelautan Eddy Sofyan, Kepala Dinas Perhubungan Jamhur Ismail, Kepala Dinas Kepemudaan Maifrizon, Kepala Dinas PU Abu Bakar, Kepala Biro Kesra Tarmidi dan Sekretaris BPKAD Ayyub. (Ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.