Mari Bersama-Sama Membantu Korban

Mari Bersama-Sama Membantu Korban

* Terkumpul Uang Rp250 Juta

Gubernur H. Nurdin Basirun mengimbau dan mengajak semua pihak untuk bersama membantu masyarakat Kepri yang sedang dilanda banjir, tanah longsong dan kejadian alam lainnya. Pemprov Kepri menyampaikan rasa duka dan segera mengirim bantuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena.

“Kami mengimbau semua elemen yang terkait baik masyarakat, pihak swasta terutama pemerintah Kabupaten/ Kota yang ada di Kepulauan Riau agar bersama-sama turun tangan untuk meringankan beban saudara kita yang tertimpa bencana yang ada di Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas serta untuk Tembelan,” ujar Nurdin saat memimpin rapat Rutin Mingguan bersama OPD Provinsi Kepulauan Riau di Ruang Rapat Gubernur, Lantai IV, Dompak, Tanjungpinang, Senin (15/01). Pesan yang sama juga disampaikan Nurdin saat Apel pagi di Dompak.

Nurdin mengajak semua berdoa untuk masyarakat Kepri yang sedang terkena bencana. Juga berharap agar daerah-daerah lain di Kepri tetap dalam kondisi aman di tengan cuaca yang menghujan terus dalam beberapa waktu ini.

Pada rapat ini, Nurdin memerintahkan langsung kepada dinas terkait agar membantu para korban banjir. Kepada Dinas Kesehatan, Nurdin menginginkan adanya bantuan berupa kehadiran dokter dan obat-obatan. Kepada Dinas Sosial untuk segera membangun posko dan dapur umum serta bekerjasama dengan Tagana setempat untuk penanganan pertama paska terjadi bencana. Untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Nurdin memerintahkan agar segera kirim bantuan berupa tenda, selimut serta perlengkapan makan dan dapur serta kebutuhan lainnya.

“Segera upayakan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang menjadi korban sehingga masalah yang dihadapi warga segera pulih kembali,” perintah Nurdin.

Nurdin menyadari bahwa cuaca berupa angin kencang dan ombak yang tinggi adalah kendala utama saat ini untuk distribusi bantuan. Oleh karena itu dirinya berinisiatif secara spontan, mengetuk hati para kepala OPD Provinsi yang hadir untuk secara ikhlas memberikan bantuan sementara berupa uang tunai karena uang tunai lebih mudah dibawa serta mudah untuk penyalurannya.

“Alhamdulillah sumbangan berupa uang tunai saat ini terkumpul kurang lebih Rp250 juta. Semoga keikhlasan bantuan yang diberikan oleh rekan-rekan OPD akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Semoga bantuan ini bukan yang terakhir dan akan ada bantuan lain yang menyusul berupa kebutuhan pokok untuk para korban,” ucap Nurdin.

Dengan dana yang terkumpul, Nurdin mengatakan bahwa dalam waktu dekat dirinya akan segera berangkat ke Jemaja serta Tambelan. Dia akan memberikan secara langsung bantuan dari rekan-rekan OPD.

“Bantuan ini akan saya serahkan langsung kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga dengan sedikit bantuan ini bisa sedikit meringankan beban para korban,” ujar Nurdin.

Selanjutnya untuk bantuan berupa sembako dan kebutuhan pokok lainnya Nurdin akan segera dikirim dengan menggunakan Kapal dari TNI AL atau pesawat dari Lanudal.

“Kita akan koordinasikan lebih lanjut untuk pengantaran bantuan ini secepatnya. Kerana cuaca dengan gelombang yang tinggi maka kapal biasa tidak bisa berlayar. Mungkin kita akan minta bantuan dari Lantamal untuk pengangkutan menggunakan Kapal perang, bisa juga opsi lain menggunakan Pesawat. Kita akan segera mencari solusinya, agar bagaimana bantuan ini segera sampai agar warga jangan sampai menderita lebih lama lagi,’ ujar Nurdin.(Hamzah/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.