Pelajar Peserta Siswa Mengenal Nusantara Agar Mampu Mempromosikan Kepri

Pelajar Peserta Siswa Mengenal Nusantara Agar Mampu Mempromosikan Kepri

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS Arif Fadillah berharap kepada anak-anak yang mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara untuk mempromosikan kebudayaan dan keindahan alam yang ada, sehingga secara tidak langsung telah ikut berkontribusi dalam pengembangan dunia pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau.

“Tolong adik-adik jual potensi yang ada di Kepri, ceritakan kepada orang yang berasal dari daerah lain untuk lebih mengenal kebudayaan dan keindahan alam yang dimiliki oleh Provinsi kita,” Ujar Arif saat memberikan sambutan pada acara Pelepasan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Kepulauan Riau ke Yogyakarta-Semarang di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (4/9/2018) malam.

Untuk mempromosikan Kepri ke daerah lain, Arif sangat berharap kepada peserta kegiatan ini agar memahami karakteristik yang dimiliki oleh Provinsi Kepri. Diantaranya adalah Provinsi ini memiliki luas daratan yang hanya 4 persen dan dikelilingi lautan seluas 96 persen, sehingga potensi maritimnya sangat melimpah dengan keindahan alam khususnya laut yang sangat luar biasa serta berbatasan langsung dengan beberapa Negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Filipina dan Vietnam.

Selain itu Provinsi ini memiliki 5 Kabupaten dan 2 Kota dengan potensi yang beragam. Kota Batam dengan memiliki keunggulan di bidang Industri dan Jasa begitu juga Kabupaten Karimun. Kabupaten Lingga dengan Potensi Pertanian dan Perkebunan. Belum lagi Natuna dan Anambas yang memiliki keindahan laut yang masih alami dan telah menarik banyak wisataan asing untuk datang berlibur. Begitu juga dengan Kabupaten Bintan yang sudah terkenal hingga keluar Negeri kawasan Wisata Lagoinya.

Terakhir Kota Tanjungpinang, kota yang hadir dengan wisata budaya dan religi serta merupakan Kota Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau.

“Saya harap adik-adik paham benar wilayah dan karakteristik yang kita miliki. Kita harus punya pengetahuan tentang Kepri agar kita bisa mempromosikannya. Adik-adik adalah agen untuk perubahan kepri, manfaatkan benar kesempatan ini,” harap Arif.

Terimakasih juga disampaikan Arif kepada Kementerian BUMN melalui PT. Pelindo I yang telah menyelenggarakan kegiatan Nasional ini yang mana dengan mengikuti kegiatan ini akan menumbuhkan, memupuk rasa kebanggaan dan cinta berbangsa dan bertanah air Indonesia.

“Program ini sangat banyak manfaatnya, adik-adik bisa tahu keberagaman budaya yang dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Kita ingin anak-anak kita terus diberikan kesempatan untuk belajar dan menambah wawasan. Selamat untuk anak-anakku terkhusus dari daerah pulau-pulau yang terpencil yang telah terpilih dan terimakasih kepada Pelindo karena telah memberikan contoh yang kepada kita bahwasanya melestarikan keberagaman itu bukan hanya kewajiban pemerintah saja namun juga tugas semua elemen masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Direktur SDM Pelindo I Hamid Wijaya dalam sambutannya mengtakan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ini bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara melalui proses pertukaran informasi dan ragam kebudayaan yang dimiliki masing-masing daerah.

“Kami atas nama Pelindo mengucapkan selamat kepada siswa yang terplih melalui seleksi yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. Semoga nantinya bisa memprosikan potensi Kepri dan bertambah pengetahun mengenai keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Yogyakarta dan Semarang yang merupakan kota yang akan dikunjungi,” Ujarnya.

Untuk kegiatan SMN ke IV Tahun 2018 ini diikuti oleh 24 orang siswa yang terdiri dari 21 orang siswa SMA/SMK dan 3 orang siswa SLB. Pelaksanaan SMN ini akan berlangsung dari tanggal 3 sampai dengan 16 September 2018 di Yogyakarta dan Semarang.(zah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.