Saatnya Santri Berperan untuk Perdamaian

Saatnya Santri Berperan untuk Perdamaian

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah bertindak sebagai Inspektur pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019 di MTSN Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa, (22/10).

Turut hadir pada kesempatan ini Kepala Biro Pembangunan setda Provinsi Kepri Aries Fhariandi, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kepri Aiyub, Staf Ahli Gubernur Eko Sumbaryadi, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Lingga Siswandi, Perwakilan OPD Kabupaten Lingga, Anggota LAM Provinsi Kepri serta Tokoh Masyarakat Kabupaten LinggaH Muh Nasir kemenag lingga, drs. Janaan

Membacakan sambutan Menteri Agama RI pada Upacara Peringatan Hari Santri, Arif mengatakan bahwa kita juga patut bersyukur karena dalam peringatan Hari Santri Tahun 2019 ini terasa istimewa dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

“Dengan Undang-undang tentang Pesantren ini memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat. Dengan Undang-undang ini pula tamatan pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lembaga lainnya,” Ujar Arif.

Dengan mengusung tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia” pada kesempatan ini Arif kembali mengingatkan bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatan lil’alamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural.

Di samping alasan pesantren sebagai laboratorium perdamaian, keterpilihan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK-PBB) sejak 2 Januari 2019 hingga 31 Desember 2020, dimana Bargaining Position Indonesia dalam menginisiasi dan mendorong proses perdamaian dunia semakin kuat dan nyata.

“Ini adalah momentum bagi seluruh elemen bangsa, terutama kalangan santri Indonesia agar turut berperan aktif dan terdepan mengemban misi dan menyampaikan pesan-pesan perdamaian di dunia Internasional,” tutup Arif. (Hzh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.